Wednesday, January 11, 2017

Stress setelah melahirkan

Kelahiran yg dinanti nanti..
dengan bayangan indah sebuah keluarga kecil dengan buah hati yg tumbuh manis, tertawa bersama..

Saat hamil, kunantikan kelahirannya, namun saat bayi lahir, aq merasakan hal yg sangat berbeda dari yg aq bayangkan..
iya, aq tau sebagai seorang ibu, sudah seharusnya merawat dan menyusui bayiku.. memandikannya, memakaikan pakaian, mengganti diapers....
Namun setelah aq alami sendiri, ternyata tak semudah bayanganku.. beberapa kali bikin aq down saat mengurus anak.. terkadang ingin menangis dan seringnya pikiran melayang layang entah kemana..

Satu pikiran yg selalu aq ingat untuk membuatku tetap waras dan berfikir dengan logika meski kadang njeblug...

Bahwa dia masih bayi.. dia tidak bersalah.. bayi hanya masih bisa manangis, dia belum bisa berbicara,belum bisa berfikir dan masih menggantungkan semua kegiatannya kepada kita, ibunya.
Kita yg harus mengerti bayi kita

Bahwa ini hanya sementara.. bayiku nanti juga akan tumbuh menjadi dewasa..
kl ibukku saja bisa merawat ke 4 anakknya, ini aq, bru 1 bayi dan belum seberapa lama aq merawatnya... ahhh aq jadi salut sama ibukku dan ibu ibu yg lain yg telah melalui saat2 anaknya masih kecil, saat merrka masih sering nangis..

Melalui saat saat harus menahan kantuk...
saat badan seperti hbs digebukin.. capek lelah.. smentara anak harus tetap dijaga siang malam, saat tidur dan saat bangun, saat bermain.. saat badan lelah, ingin sekali beristirahat sejenak dri rutinitas yg tiada henti.. namun tidak bisa.. anak2 sepertinya masih terlalu kecil dan tak tega untuk meninggalkannya walau sejenak.. tetapi badan sudah letih sangat..
Saat bru merasakan tertidur lelap sekejap dlm beberapa menit saja, dan tiba2 anak menangis terus.. menahan kantuk demi sang buah hati yg harus mimik susu..
Saat badan sudah terasa lecek, bau, kucel, dekil, pengen mandi, tapi apalah daya.. baru sejenak bayi diletakkan sudah menangis...
Saat bayi terus2 menangis sudah digendong kesana kemari sampai pegel di kaki...saat sudah di mimik in sampai pedess.. sampai sakit puting ini...
Saat menahan lapar krna tak punya waktu, saat melihat semuanya berantakan dan belum beress...
Belum lagi terkadang ada perkataan dri org lain yg menusuk dihati,,

Terkadang jenuh bosan lelah capek yg menumpuk2 tiap hari ini yg membuat stress... pengen teriak, dan terkadang menangis dengan sendiri..

Mau curhat/ bilang baby blues, PPD, aah.. apa ya mereka itu tau.. apa ya orang lain tau kaya gini... yg ada juga dikira kita yg berlebihan.. meskipun stress itu memang ada..

Lalu aq berdoa.. semoga Allah memberiku kesabaran yg lebih luas dan tenaga extra untuk tetap bisa menjaga anak2 ku.. bahwa ini semua untuk masa depan anak, momen kedekatan kita dengan anak kita..
Bahwa anak kita membutuhkan kita..
Dan tentunya bantuan dari orang lain sangat aq butuhkan.. saat terasa kesabarannku serasa mau habis, aq jga meminta bantuan dri ibu/kakak untuk menggantikan  sejenak momong bayiku..

ya,, i an not super women, saat tidak semuanya bisa aq kerjakan, aq pasrah saja.. tenagaku terbatas, waktuku terbatas dan tangan kaki yg cuma sepasang sepasang... sering aq tidak bisa mnyelesaikan semua pekerjaan rumah,. Namun aq biarkan saja.. aq hanya berusaha semampuku.. meski ketika masak, sambil nyuci piring, nyuci baju (mesin cuci) sambil gendong anak sambil nyapu lantai dll... belum njemur, angkat baju, lipat baju,., ngurus anak... huffttt... aq lakukan saja semampuku, dan aq lebih fokus ke anakku.. toh dikit2 dalam sehari semalam akan ada waktu luangnya meski 1-2 jam..

1 comment:

  1. Saya paling bete ngerjakan sesuatu sambil gendong anak, terutama masak, duuhhh bisa stres saya kalau pagi2, si bayi bangun, si kakak butuh sarapan hhhh

    ReplyDelete