Thursday, December 22, 2016

Hamil diluar nikah

Hamil diluar nikah

Kl km sekarang cewek dan sedang hamil diluar nikah:

Kl km skrg mulai panik, khawatir dan takut, itu reaksi wajar. Tp itu adalah salah satu konsekwensi akibat suatu perbuatan.

Yg pertama dan yg harus km lakukan adalah tobat setaubat taubatnya, mohonlah ampun atas segala dosa yg telah km lakukan, banyak2in sholat malam dan berdoa.

Kl km sudah memutuskan untuk meneruskan kehamilanmu, jaga selalu kesehatanmu dan janin.

Berterusteranglah sama orang tua atau walimu

percuma kamu sembunyikan, nanti juga ketahuan koq, perutmu akan semakin besar dan janin itupun suatu hari akan keluar. Dan kamu akan butuh bantuan orang lain.
Kalaupun kamu dimarahi semarah marahnya, itu adalah hal wajar dan harus km terima.

Konsekuensi dari melanggar norma sosial adalah adalah sangsi sosial. Sama ketika orang melanggar hukum, ia pun akan menerima hukumannya. Jadi nantinya ketika km pun dicibir tetangga2 dan orang2, ya itupun harus km terima, gak perlu dibalas dengan marah2, cukup dengerin aja dan cuekin aja toh mereka yg mencibirmu itu tidak akan ngasih apa2 buat km, km tetap hrus makan dgn usahamu sendiri bukan dari mereka.

Yg terpenting, tunjukkan kl km pun bisa bertanggungjawab terhadap segala perbuatanmu, tunjukkan kl kamu pun bisa memperbaiki sikapmu dan setiap orang punya hak untuk mendapatkan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan.
Jangan perburuk keadaan dengan bertingkah yg lebih buruk. Perbaiki jangan perburuk. Yg sdh buruk itu masa lalu, tapi masa depan itu masih suci. Dan masa depan itu dibangun dari saat ini.
Perbaiki kesalahnmu dengan tindakan bertanggungjawab, anakmu pun nantinya bisa bangga padamu.

Kalo kamu cowok dan ternyata pacarmu hamil:

Kalo kamu sekarang mulai panik, khawatir, bingung itu adalah konsekwensi dari berbuat kesalahan.

Kalo kamu mulai berfikir untuk kabur, itu adalah tindakan pengecut tak bernyali dan tidak bertanggungjawab. Kamu bisa lari dari manusia tapi km tak bisa lari dari pantauan tuhan. Dan kamu harus berhati hati dengan 'karma'. Jika kamu menelantarkan orang, kelak bisa jadi hidupmu pun akan terlantar. Bayangkan jika kamu sudah tua tidak bisa apa apa dan tidak ada yg sudi merawatmu.

Bertanggungjawablah, datangi orangtuanya, akui kesalahanmu dan minta maaflah pada mereka. Merekalah yg telah membesarkan dan menjaga putri mereka dengan cinta kasih namun telah km lukai perasaannya.
Bertanggungjawablah dengan sebenar benarnya. Laki laki adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabanya. Laki laki adalah seorang imam bagi wanita, yg seharusnya mengarahkan wanita menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan tuhannya.
Bertanggungjawablah terhadap semua perbuatanmu.

Kalau kamu adalah orang lain

Tidak ada gunanya km menggunjing atau menghina mereka. Kesalahan yg  mereka perbuat adalah antara mereka dgn Tuhan dan biarlah itu menjadi urusan Tuhan. Bimbing mereka ke jalan yg benar jika diperlukan. Mereka memang salah, tapi siapa yg tau kl ternyata mereka bertaubat, dan Allah mnerima taubat mereka. Siapa yg tau, bisa saja mereka melakukan amalan2 lain yg justru diterima Tuhan sedangkan dirimu masih melakukan dosa dosa kecil tapi terus menerus. Biarlah kesalahan itu menjadi urusan mereka dgn Tuhan.

No comments:

Post a Comment