Wednesday, December 28, 2016

Melahirkan

Persalinan

Persiapkan diri bunda untuk persalinan di trimester ke 3 (usia 7-9+ bln)
Persalinan sendiri ada beberapa methode yaitu:
1. Persalinan normal, melalui jalan lahir.
2. Persalinan secara caesar/bedah.
3. Persalinan normal namun dengan induksi (dipacu)

Saya berharap bunda2 semua bisa melakukan persalinan dengan normal, lancar dan dalam keadaan baik baik semuanya ya.. amiinn..

Rasanya melahirkan

Alhamdulilah persalinan saya berjalan normal dan lancar.
Jam 3 dini jari saya melihat sudah ada lendir bercampur sedikit darah keluar. Perkiraanku 12 jam lagi akan lahiran. Lagian kontraksinya masih belum terlalu sering dan belum terasa begitu sakit.

Paginya aq melakukan kegiatan ringan biasa dan entah mengapa nafsu makanku bertambah, jadi aq sarapan banyak pagi itu. Kebetulan aq BAB pagi hari juga dgn lancar.. terkadang aq khawatir membayangkan jika aq pup pas saat lahiran pas.. hehee...sedikit melegakan bisa tuntas pagi itu. Cxixii..

Semakin siang, sekitar jam 10an pagi kontraksi semakin terasa..aq memilih untuk berbaring di kamar dan menghentikan semua aktifitas.. setiap 20 menit kontraksi mulai terasa.. semakin siang semakin terasa sering dan semakin terasa maknyusss.. hahaa.. tp rasanya itu hanya terasa saat kontraksi datang aja koq,. Setelah kontraksi selesai, rasanya langsung legaa gt..  cepet2 ambil nafas deh aq..

Jam 2 siang, kontraksi semakin kuat dan aq merasakan ketuban pecah, serasa ada balon meletus berisi air hangat.. hehee... kontraksi semakin kencang dan semakin sering, dan langsung dibawa ke RS. Ternyata, gak lama nyampe RS, diperiksa bentar, eh, bidannya langsung nyuruh ngeden. Ternyata sudah bukaan 10, dan posisi siap lahir..jam 3.55 pm, lahirlah buah hati kami... alhamdulilah, lahir anak perempuan kami dengan berat 3,3 kg dan panjang 49cm. Semua proses melahirkan berjalan lancar dan tanpa kendala.. alhamdulilah..

Begitu lahir bayinya langsug diperlihatkan sebentar bahwa tangannya, kakinya dan organ2 tubuh lain dinyatakan lengkap.  Setelahnya bayi dibaringkan di dadaku untuk Inisiasi Menyusui Dini.. jadi biar insting menyusunya lgsg terasah gitu.. dan bener2 momen woww ketika melihat janin yg selama ini dikandung, ternyata sdh muncul ke dunia dengan begitu cantiknya... benar2 suatu anugrah..

Sambil menikmati indahnya malaikat kecil di dada... para bidan meneruskan tugas2 mereka dalam membantu kelahiran. Ada yg bertugas membersihkan, membantu mengeluarkan ari yg masih di dalam perut dan... menjahit. Ya.. saat dijahit inilah yg saya rasakan maaknyussss bangett.. kayaknya lebih baik melahirkannya drpda dijahit gt.. hehee.. tp ini jga kan demi kebaikan aq jga ya.. ywdh dech.. pasrah aja dech.. hehee..

Kelahirannya normal dan setelahnya dijahit. Jahitan ini sendiri nantinya akan diperiksa seminggu kemudian saat kontrol.
Saya yakin bunda pasti kuat dan bisa untuk melakukan persalinan normal. Tuhan telah menciptakan kita sebagai manusia dengan segala kelebihan, keutamaan dan menciptakan semua organ2 tubuh kita dengan fungsinya masing2 dengan sangat sempurna.

Perlengkapan pokok yg dibawa saat melahirkan

Untuk bayi:
1. Bedong, lebih baik bawa bedong jarik (kain traditional yg panjang)
2. Selimut luar yg hangat dan lembut.
3. Pakaian bayi
4. Popok kain

Untuk bunda:
1. Pakaian ganti termasuk underware
2. Sisir dan alat kecantikan basic lain yg mungkin diperlukan.
3. Maternity napkin/pembalut khusus untuk wanita melahirkan
4. Tissue
5. Handuk
6. Sandal jepit
7. Data diri sperti KTP
8. Kartu BPJS

Persalinan yang ditanggung oleh BPJS

Persalinan yg ditanggung bpjs adalah persalinan yg mengandung faktor penyulit atau adanya indikasi yg membahayakan atau kehamilan dengan keadaan gawat darurat:
1. Abortus
2. Distosia
3. Eklampsia
4. Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)
5. Perdarahan Antepartum
6. Perdarahan Postpartum
7. Inversio Uteri
8. Febris Puerperalis
9. Hyperemesis gravidarum dengan dehidrasi
10. Persalinan kehamilan risiko tinggi dan atau persalinan
dengan penyulit

Untuk persalinan caesar, sepenuhnya ditanggung Bpjs.
Untuk persalinan normal yg ditanggung bpjs adalah persalinan yg dilakukan di faskes 1. Jadi jika bunda ingin lahiran di RS, dan tidak ada indikasi apapun dan normal, maka biaya persalinan tidak ditanggung bpjs, tetapi ditanggung sendiri ya bund..

No comments:

Post a Comment