Sunday, December 18, 2016

Kehamilan

Kehamilan

Inilah rasanya hamil.

1. Test pack.

Masih inget gak nih.. rasanya ketika melihat hasil test pack in the morning.. apalagi ketika dh menantikan kehadiran si kecil dah lama..
Tiba tiba suatu pagi test pack dan perlahan melihat 2 (dua) garis muncul! It's a  woww.. kaya gak nyangka tp beneran pengen liat teruusss itu garis! 
Bangga dong.. akhirnya jdi bumil.. alhamdulilah pokoknya.. haahaayy..

Apalagi yg dah nunggu nunggu lama pengen punya momongan tapi belum dapat2 juga yach..
yg sampai bosen test pack dengan hasil satuuuu aja garisnya..
yg udah mulai jenuh beli pembalut, tp tetep mens rutin aja datang..
yg dari semangat beli test pack bejibun ampe habis ampe males lagi beli test pack..

then you feel strange about yourself, feeling unhealthy, ngerasa gak enak badan dan sudenly when you test your urin meski dengan setengah hati.. eh ternyata ....lho koq 2 garis.. beneran gak nih... percaya gak percaya tapi pengen percaya... hahayy..
Selamat ya moms.. yes! you are a mother right now.. and there is another life living in your body! Someting like unbelieveble!

2. garis tapi yang satu samar

Yang test pack 2 garis, tp yg satu masih samar, meski samar, itu juga bisa jadi tanda kehamilan lho bund, kl bunda2 nemu kejadian yg kaya gini, coba aja tunggu 3-4 hri lgi, dan coba test lagi, biasanya garisnya tambah jelas.. pokoknya kl dah muncul 2 garis, meski samar, itu adalah tanda tanda bahwa bunda sedang hamil.

Dan yang masih test pack hasilnya masih 1 garis, meski dah ditunggu lama.. artinya negatif ...yg sabar ya bund.. semoga cepet dapat 2 garis.
Garis merah yang diatas adalah indikator bahwa test pack normal alias berfungsi dan dalam keadaan baik.
Garis merah dibawah garis yg pertama adalah indikator kehamilan.

Telat 2 minggu tapi negatif ( satu garis)
Kemungkinan besar memang negatif atau belum hamil. Bisa jadi telat menstruasi karena pengaruh hormonal/stress. Mens bisa maju dan bisa mundur dari jadwal biasanya.

Pengen test pack tapi takut negatif
Setelah beekali kali tiap bulan ujicoba test pack dan berakhir dengan satu garis atau negatif.. kemudian bunda telat menstruasi, ada perasaan pengen segera tau, apakah beneran hamil atau enggak. Mau test paxk tapi takut kecewa liat hasilnya..
Hadeww bunda.. daripada pusing2 tebak tebakan dgn pikiran dan perasaan sendiri, wich is nguras waktu dan pikiran, mending sekarang bunda langsung dech test pack, kl masih ada stok, lgsg test pack, kalo belum ya ke apotik /minimarket dulu ya, beli test pack.
Kalo hasilnya 2 garis ya positip hamil, trus kedokter /bidan buat periksa kalo 1 garis ya masih negatip bund, langsung lanjutkan aktifitas dan gak perlu bertanya tanya tanpa ada jawab lagi.. bisa langsung menyusun program hamil lagi.

2. USG

Setelah tau bahwa bunda positif hamil, tak sedikit yang langsung berfikiran untuk USG untuk memastikan kehamilan. Pilihlah dokter kandungan (Spesialis Obstetri & Ginekologi/spOg) yang bunda percaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terkadang ketika USG, janin masih belum tampak di minggu2 pertama (usia 5 minggu-7minggu). Jadi banyak kasus memang, ketika kita sudah telat 1 minggu (usia kehamilan berarti sdh 5 minggu, dihitung sejak mens awal bulan lalu) , test pack positif, tp ktika di USG masih belum keliatan. Hal ini adalah normal dan banyak terjadi. Coba saja datang lagi ke dokter kandungan 2 minggu lagi atau bulan depan lagi untuk pemeriksaan.

Beberapa hal yang bisa kita ambil manfaat dari USG kandungan:
1.memastikan kehamilan, bahwa ada embrio/janin dan kantung kehamilan.
2. Memeriksa keadaan janin dalam perut.
3. Memeriksa adakah faktor penyulit atau penyakit.
4. Memeriksa detak jantung janin.
5. Menentukan prediksi jenis kelamin.
6. Memeriksa posisi janin ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester terakhir.

USG sendiri ada yang USG 3D dan 4D, USG 4D biasanya jauh lebih mahal, biasa digunakan untuk melihat jika ada indikasi kelainannpada kehamilan. Namun bunda juga bisa melihat janin lebih jelas bahkan untuk melihat muka sikecil dengan USG ini.

3. Periksa ke bidan/puskesmas

Setelah test pack dan hasilnya positif, segera periksakan kandungan ke bidan /puskesmas. Disana akan diperiksa berat badan dan tinggi badan bunda, tekanan darah dan riwayat kehamilan sebelumnya jika ada. Selain itu ada pengukuran LILA, yaitu lingkar lengan atas yang berfungsi untuk mengetahui atau sebagai indikator kecukupan gizi si ibu. Pemeriksan tinggi fundus juga dilakukan untuk mendeteksi usia kehamilan dan rahim si ibu.  Nanti akan diberikan buku  KIA yg wajib dibawa setiap kali periksa untuk record perjalanan kehamilan si ibu. Juga diberikan vitamin, asam folat dan kalsium yg sangat diperlukan bunda selama kehamilan. Bidan juga akan memeriksa denyut jantung janin (DJJ) dengan alat fetal Dopler.

4. Selametan kehamilan

Umumnya tradisi jawa ada yg namanya selametan. Ini adalah hajatan dengan tujuan meminta keselamatan baik bagi sang ibu maupun bagi janin yg sedang dikandung. Selametan kehamilan ini ada beberapa. Diantaranya yg umum adalah selametan 4 bulanan (tingkeban) dan 7 bulanan (mitoni). Selametan 4 bulanan/tingkep emang baik untuk dilakukan, mengingat saat kandungan usianya 4 bulan /120 haru adalah saat dimana ruh ditiupkan ke janin dan ditetapkan qodo'&qodar baginya (takdir). Dengan diadakannya selametan ini tujuannya ya selain memohon keselamatan bagi ibu dan janin juga doa doa agar ditetapkan takdir yg baik baginya. Biasanya dengan mengundang tetangga dan kerabat, acara bisa diisi dengan tahlil dan sholawat albarjanji.

5. Spoting/pendarahan

Spoting atau keluarnya bercak darah biasanya terjadi pada awal2 kehamilan. Jika bunda tau swdang hamil, tapi ternyata ada keluar darah merah, kalau yg keluar sedikit, masih normal, mungkin itu hanya tanda bahwa telah terjadi pelekatan rahim. Namun perlu diwaspadai jika darah yg keluar banyak seperti sedang menstruasi. Bisa jadi itu adalah ancaman keguguran / abortus imminen. Segera periksakan kedokter jika terjadi pendarahan seperti ini. Pendarahan yg perlu diwaspadai juga adalah pendarahan yang terjadi di trimester ke 3. Segera periksakan ke dokter jika terjadi.

6. Hamil namun ada kista

Kista dapat tumbuh di rahim baik pada saat tidak hamil maupun sedang hamil, kista yang ukurannya masih dibawah 2 cm, masih dapat dikategorikan tidak berbahaya dan biasanya dapat hilang sendiri karena pengaruh hormonal. Kista yg perlu diwaspadai adalah kista yang makin terus membesar. Segera periksakan ke dokter jika terjadi pada bunda.

7. Keguguran dan kuret

Masa masa awal kehamilan (trimester pertama) adalah masa2 rawan dimana sering terjadi keguguran (abortus).
Abortus sendiri ada 3 :
1. Abortus imminen (ancaman keguguran) janin masih bisa diselamatkan.
2. Abortus incomplete
3. Abortus complete.

Jika setelah diperiksa oleh dokter dan dinyatakan keguguran, biasanya akan disarankan untuk langsung operasi kuret, yaitu operasi untuk membersihkan sisa sisa yg masih ada rahim. Setelah kuret , bunda masih bisa untuk hamil lagi.
Saat operasi kuret, bunda tidak akan merasakan apa2, karna telah dibius total. Setelahnya boleh berhubungan lagi setelah nifas selesai.

8. Mitos kehamilan

Banyak sekali mitos mitos tentang ibu hamil dari mitos bayi perempuan/laki laki, gak boleh gini gak boleh gitu, harus gini harus gitu, boleh percaya boleh tidak tapi sebaiknya lebih di fokuskan pada kesehatan janin bunda. Mau nanti yg keluar bayi laki laki atau perempian sama saja, yang penting janin sehat, nanti keluar insyaallah berdoanya lancar, normal dan sehat.. itu yg terpenting.

No comments:

Post a Comment